autistik - bahagian 2

10:59 AM Aina Mastura 0 Comments

Assalamualaikum

Okie, hari tu saya ada kongsi mengenai apa itu autistik. hari ini saya kongsi mengenai gangguan2 yang dialami oleh anak-anak yang mengalami autistik. (sumber carian : internet di hujung jari)

Gangguan dalam komunikasi.
Anak dengan gangguan autisme cenderung mengalami hambatan mengekspresikan diri, sulit bertanya jawab sesuai konteks, sering membeo ucapan orang lain, atau bahkan mengalami hambatan bicara secara total dan berbagai bentuk masalah gangguan komunikasi lainnya

Gangguan dalam interaksi sosial
Secara umum terdapat keengganan untuk berinteraksi secara aktif dengan orang lain, sering terganggu dengan keberadaan orang lain di sekitarnya, tidak dapat bermain bersama anak lain, lebih senang menyendiri.

Gangguan perilaku
Adanya perilaku stereotipik seperti mengepakkan tangan, melompat-lompat, berjalan jinjit, senang pada benda yang berputar atau memutar-mutarkan benda, mengetuk-ngetukkan benda ke benda lain, obsesi yang tidak wajar pada suatu bagian benda dan berbagai bentuk masalah perilaku lain yang tidak wajar bagi anak seusianya.
Penyebab yang pasti belum diketahui. Berdasarkan gambaran klinis dari  gangguan autisme ini berbagai hipotesis penyebab diajukan oleh para peneliti. Teori yang dianut saat ini adalah bahwa gangguan autisme ini mempunyai dasar kelainan organik di otak yang dicetuskan oleh berbagai faktor seperti :

Genetik, Kira-kira 20 % kasus-kasus autisme disebabkan oleh faktor genetik. Penyakit genetik yang paling sering dihubungkan dengan autisme adalah sindrom fragile-X ( 20-30% ) dan tuberous sclerosis ( 17 - 58%). Beberapa laporan penelitian menyatakan bahwa Sindroma Down juga mempunyai hubungan dengan autisme. 
Infeksi, Penyakit infeksi yang sering dihubungkan dengan autisme antara lain infeksi Rubella pada masa prenatal ataupun ensefalitis ( pasca natal ). 
Gangguan metabolik, Gangguan metabolik yang sering dikaitkan dengan autisme adalah fenilketonuria 
Imunologik, Gangguan autisme dapat dipicu pula oleh keadaan alergi (makanan,bahan kimia, inhalan ). 
Faktor lingkungan, Faktor lingkungan sebagai faktor pencetus autisme dikaitkan dengan adanya paparan zat-zat yang bersifat toksik selama kehamilan, seperti konsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan, paparan logam-logam berat misalnya merkuri. 

Sekian, selamat berjumpa lagi. ^_^

0 comments: